Pages

Kamis, 02 Desember 2010

Hari Aids Sedunia

Berbicara mengenai HIV dan AIDS kita pun harus mengetahui tentang penyakit yang bisa membunuh seluruh lapisan masyarakat ini, tanpa memandang umur, gender dan status social. Apakah HIV itu ? HIV berarti Human Immunodeficiency Virus. HIV hanya menular manusia. HIV menyerang sistem kekebalan tubuh yang melindungi tubuh terhadap infeksi. Kebanyakan orang yang terinfeksi HIV tidak mengetahui bahwa dirinya telah terinfeksi. Segera setelah terinfeksi, beberapa orang mengalami gejala yang mirip gejala flu selama beberapa minggu. Selain itu tidak ada tanda infeksi HIV. Tetapi, virus tetap ada di tubuh dan dapat menularkan orang lain.
Sedangkan AIDS berarti Acquired Immune Deficiency Syndrome. Mendapatkan infeksi HIV menyebabkan sistem kekebalan akan semakin lemah. Keadaan ini akan membuat orang mudah diserang beberapa jenis penyakit (sindrom) yang kemungkinan tidak mempengaruhi orang dengan sistem kekebalan tubuh yang sehat. Penyakit tersebut disebut sebagai infeksi oportunistik.
Penyakit yang tidak memandang umur, lapisan masyarakat dan gender ini sudah menjadi hal utama yang harus diberikan kepedulian ekstra. Berdasarkan data yang ada, kini pengidap HIV dan AIDS tercatat sebanyak 14.628 kasus. Sebagian pengidap penyakit ini berumur 20 -29 tahun dan juga menyerang anak berusia dibawah 15 tahun. Terlalu muda untuk generasi yang masih mempunyai jalan yang panjang dan juga masa depan yang lebih baik.
Karena hal ini dunia menetapkan 1 Desember menjadi Hari AIDS Sedunia. Diharapkan dengan adanya Hari AIDS Sedunia, masyarakat lebih bisa peduli akan bahaya AIDS dan mengetahui bagaimana penanggulangan dan juga pencegahan penyakit ini. Berbagai upaya sudah dilakukan dari berbagai sector, baik dari Lembaga pemerintah, LSM, Swasta maupun kelompok masyarakat peduli AIDS. Untuk keterangan lebih lanjut bisa klik di www.aidsindonesia.or.id atau www.spiritia.or.id (Marika/Adri Ponsen)

0 komentar:

Posting Komentar